Tuesday, April 18, 2017

Empathy

source

Empati adalah kemampuan untuk bisa merasakan apa yang orang lain rasakan, memposisikan diri seakan apa yang terjadi pada mereka juga terjadi pada kita. Sejak awal masa pre-klinik teori tentang empati terhadap pasien selalu diajarkan dan selama 3,5 taun pendidikan berjalan teori tsb gak pernah lepas disisipkan bersama teori klinis, tujuannya agar kelak kami para calon dokter memperlakukan pasien sebagaimana kami ingin diperlakukan ketika berada dalam situasi yang mereka alami. 

Aku kira mempraktekan empati akan semudah membahas teorinya, mereka yang sudah lebih lama di RS dan lebih sering berinteraksi dengan pasien tentunya akan punya empati yang paling besar, ternyata gak juga. 

Jika cara seseorang bicara kpd pasien adalah indikator empati yang ia miliki, maka yang aku nilai adalah banyak dari mereka yang sudah bertahun-tahun bekerja di RS perasaannya sudah resisten dan gak lagi sensitif terhadap kesulitan pasien. Ilmu klinis mereka gak perlu lagi diragukan, tumbuh subur tinggi menjulang, tapi rasa empati yang mereka miliki seakan lupa diberi pupuk. 
Gak tega rasanya lihat pasien yang selang NGT nya lepas dan perawat menuduh dilepas dengan sengaja sampai si pasien merintih pelan, "jangan salahin saya." Dilepas atau pun terlepas pasien gak boleh merasa disalahkan, kan? 

"Practice makes perfect" atau "bisa karena biasa." gak berlaku dalam hal ini. Mereka yang rasa empatinya stabil atau bahkan bertambah seiring waktu adalah mereka yang memilih untuk terus melatih hatinya agar tetap sensitif. Rajin-rajin berkhayal bagaimana rasanya bila ada di posisi pasien, dan tentunya berdoa agar terus dikaruniai kebaikan tersebut karena empati is a gift

ps: aku gak bermaksud menjatuhkan pihak2 tertentu, tapi ini kenyataan yang aku lihat selama 2 minggu pertama dari clinical-year ku. Semoga aku dan teman-teman calon dokter semua punya empati yang oke terhadap pasien sampai akhir hayat. aamiin. 

1 comment:

nadyacarol said...

Woh. Bakal tempat praktek gue juga nih hmm menarik buat dibahas bsk