Tuesday, August 9, 2016

Independency & the feeling of being needed.

-
Salah satu dari banyak prinsip hidup yang selalu orang tuaku tanamkan: "Kalau bisa sendiri, kerjakan sendiri. Jangan ketergatungan orang lain. Jangan menyusahkan orang lain." It's in my blood now, but it's not that I'm always capable of doing everything by myself, aku sering minta bantuan orang, tapi aku meminimalisir. Menurutku bagus untuk seseorang apa lagi perempuan berusaha untuk selalu mandiri, tapi di sisi lain.. kadang mereka yang selalu berusaha mandiri, melupakan hak orang lain di sekitarnya: hak merasa dibutuhkan.

Aku beberapa kali menangkap ekspresi teman atau keluarga yang kecewa karena niat baiknya untuk membantu gak aku terima, sebenernya bukan maksud gak menghargai, tapi simply karena gak mau merepotkan. I should've understood this at that moment and took their offers instead. 
Selain itu juga aku sendiri pernah mengalami rasanya bantuan atau hal baik ditolak, rasanya memang mengecewakan.

So, the lesson is: to be independent doesn't mean always doing everything on our own and saying no to favours others offer us because people deserve to feel satisfied from being able to help and to feel special knowing they're needed. 

1 comment:

Unknown said...

shadiqasgoldenways