Sunday, July 10, 2016

-

Kapan kah secara pasti batas antara masa kecil dan masa dewasa terlintasi? Ah, tidak benar-benar ada batas fisik dan waktu yang spesifik, kan? Meski pun antara keduanya seperti dua dunia yang berbeda.

Aku sekarang merasa berada di masa dewasa, bukan berarti jiwa raga dan lahir batin ini sudah dewasa, tapi dituntut untuk menjadi dewasa, maka mau tidak mau pendewasaan harus dilibatkan dalam semua aspek.

Semua aspek.. termasuk dalam menghadapi tantangan hidup. Dulu aku berpikir adanya masalah atau cobaan adalah hukuman dari Yang Maha Menghidupkan atas kesalahan yang diperbuat, maka penyesalan terhadap entah apa dan kesedihan jadi caraku menanggapinya.

Seiring waktu aku belajar, sekarang lumayan tau, mungkin benar salah satu sebab cobaan hidup terjadi atas kesalahan kita, tapi semua orang dapet kok, cobaan atau ujian adalah hal yang wajar. Di luar sana, pasti banyak orang-orang yang persoalan hidupnya jauh lebih berat, yang terjadi pada hidupku, belum ada apa-apanya dibanding mereka.
Dan yang terjadi pasti akan bisa dilewati karena manusia tidak diberikan cobaan melebihi kesanggupannya(1).

Kadang, kekanak-kanakanku masih sering muncul yang rasanya tidak cocok karena katanya udah melewati batas antara dua dunia yang beda. Mungkin ternyata, batas itu adalah suatu proses. Proses pendewasaan yang terus berjalan, jadi memang tidak ada waktu pastinya kapan batas tsb terlintasi.

Dewasa, walau kadang cuma pura-pura.

(1) QS. Al-Baqarah:286


7 or 8 years old me


No comments: